Kemegahan Patung GWK Setelah 28 Tahun Menanti

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) akhirnya telah selesai dibangun setelah 28 tahun penantian panjang. GWK menjadi patung tertinggi di Indonesia, bahkan tertinggi nomor dua di dunia setelah Spring temple Buddha yang berlokasi di China.

GWK menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, khusunya masyarakat Bali. Karena ini menjadi icon wisata baru di Pulau Dewata. Setalah penantian yang cukup panjang ini, berikut beberapa fakta menarik dari GWK di Bali.

Yang pertama adalah GWK digagas oleh Nyoman Nuarta bersama dengan Menteri Priwisata, Pos, an Telekomunikasi Joob Ave. Peletakan batu pertama dilakukan di Kawasan Taman Kebdayaan Bukit ungasan Jimbaran tahun 1997.

GWJ berwujud Dewa Wisnu yang tengah mengendarai burung garuda ini terbuat dar campuran tembaga dan baja dengan berita sekitar 4.000 ton. GWK juga menjadi monumen tertinggi di dunia untuk kategori patung.

Fakta selanjutnya adalah makna dari patung GWK. Patung Wisnu dipercaya umat Hindu sebagai lambang kekuatan untuk menjaga alam semesta. Patung Wisnu juga juga sebagai figur perwujudan modern dari dari kebudayaan dan tradisi kuno.

Sedangkan untuk patung Garuda atau burung raksasa yang melambangkan kebebasan serta pengabdian tanpa pamrih. Jadi Parung GWK didekikasi sebagai simbol dari misi penyelematan lingkungan dan dunia.

Fakta lain Garuda Wisnu Kencana adalah ini menjadi megaproyek yang ambius. Kemgahan patung GWK juga akan didukung dengan fasilitas pendukung yang dibangun disekitarnya. Diantaranya adalah Lotus Pond, yakni satu kawasan alami yang dikelilingi pilar-pilar batu cadas yang dapat menampung sampai 7.500 orang.

Lotus Pond dapat digunakan untuk acara-acara besar seperti musik kolosal dan gala dinner. Bahkan GWK untuk waktu dekat juga dipersipkan untuk acara IMF Wold Bank 2018 yang akan belangsung Oktober mendatang.

Untuk membuat patung GWK berdiri kokoh dibutuhkan perjuangan yang sangat panjang, mulai dari material, spiritual, moral, dan tantangan lainnya. Nyoman Nuarta selaku penggagas GWK sangat mengapresiasi atas dukungan dari banyak phak sehingga patung GWK selesai dibangun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *