PLTU Celukan Bawang Sesuaikan Standarisasi Keamanan Obyek Vital Nasional

 

Untuk mendorong keamanan di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Celukan Bawang, pihak PLTU terus melakukan peningkatan standarisasi keamanan petugas dengan menggelar kegiatan pelatihan keamaan sesuai dengan standarisasi pengamanan Gada Pratama.

Pimpinan General Energy Bali (PT GEB) Haji Abdul Djalil menyambut positif kegiatan semacam ini dan berharap kegiatan semacam ini terus dilakukan agar semakin memperkuat keamanan di kawasan PLTU Celukan Bawang.

PT GEB bekerjasama dengan Satbimas Polda Bali untuk menggembleng para petugas keamanan yang saat ini bekerja di PLTU Celukan Bawang.

Saat ini PLTU Celukan Bawang sendiri sudah memiliki hampir 75 personel keamanan, yang terdiri dari warga sekitar PLTU. Sebelumnya memang sudah ada hampir 40 orang yang ikut dalam pelatihan tahap pertama dan mendapatkan ijazah dari tingkatan Gada Pratama, Madya, dan Gada Utama.

Ijazah dari Gada Pratama sendiri merupakan salah satu bukti bahwa petugas tersebut memang terdidik dan sudah sesuai dengan peraturan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 24 Tahun 2007, mewajibkan setiap anggota security memiliki ijazah dari tingkatan Gada Pratama, Madya, dan Gada Utama.

Kegiatan pelatihan dan peningkatan standarisasi keamanan memang harus selalu menjadi perhatian, terlebih PLTU merupakan salah satu obyek vital nasional. SOP pengamanan obyek vital nasional sangat ketat dan harus memenuhi SOP yang sudah ada sesuai peraturan.

Pimpinan PT GEB Haji Abdul Djalil juga menekankan bahwa petugas seharusnya juga bukan hanya mencari ijazah dari kegiatan pelatihan ini. Pelatihan diharapkan mampu terus meningkatkan kinerja petugas keamanan.

Memang selain melakukan pengamanan oleh petugas keamaan dari pihak PLTU, PLTU Celukan Bawang juga menjalin kerjasama pengamanan dengan Kepolisian Polres Kawasan Celukan Bawang Buleleng. Hal ini masih terus dijalin agar peningkatan keamanan melibatkan pihak terkait agar terhindar dari berbagai tindakan kriminal dari orang tidak bertanggung jawab.

Selain itu hal yang tidak kalah penting dari peningkatan keamanan di PLTU Celukan Bawang adalah untuk memberikan rasa aman kepada para pekerja agar bisa bekerja dengan baik dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *