Tender Proyek Buleleng Pemerintah Dapat Berhemat?

Buleleng, pemerintah klaim berhasil untuk menghemat tidak kurang dari sekitar 24 milyar. Ini berkaca dari anggaran tahun lalu. Pada tahun 2017 pemerintah mengklaim bisa berhemat dengan proyek tender.

 

Penghematan tersebut berasal dari efisiensi tender yang dilakukan oleh pemerintah untuk tender berskala besar. Pada tahun 2017 ada sekitar 20 proyek yang dilakukan tender melaui system lelang pengadaan seccara elektronik.

Di tahun tersebut ada sekitar 120 proyek yang ditenderkan, dan empat proyek tender gagal. Tender yang lain berjalan sesuai dengan perencanaan. Seratus proyek tersebut menghabiskan pagu anggaran  sebesar 165 milyar. Sekitar 165 mlyar tersebut merupakan anggara yang sudah diperhitu ngkan secara matang.

Proyek yang terjadi tersebut kemudian ditawarkan lebih murah oleh sejumlah kolega. Hal tersebut membuat anggaran yang telah dibayarkan oleh pemerintah sekitar 141 milyar. Ini berarti menjadikan harga tender menjaid lebih murah. Ada efisiensi dana sekitar 24 milyar yang dapat untuk dihemat pada tahun lalu.

Total daripada pembiayaan 24,3 miliar. Ini merupakan nilai yang pasti yang dihemat oleh oemerintah di tahun 2017. Poin tersebut diungkapkan oleh Made Budi Setiawan selaku kabag layanan pengadaan setda Buleleng.

Efisiensi proyek sangatlah besar sehingga membuat peningkatan efisiensi pendanaan. Tidak hanya itu ini juga membuat kualitas jalan menjadi naik. Bagaimana tidak proses tender sendiri mencoba untuk mencari yang terbaik di dalam hal perencanaan. Misalnya dalam perbaikan jalan paket VI, yang meliputi Bukit Bulian Dan Pacung Banjar Tonggak.

Anggara sebesar 7, 15 miliar dinilai senilai 5,68 ,miliar. Ini merupakan salah satu contoh daripada efisiensi pendanaan.. hal seperti ini membuat penghematan yang sangat bagus. Tentunya bisa ditiru dengan cermat untuk pemerintah daerah lain.

Proyek tender merupalan salah satu cara pemerintah untuk melaukan penghematan dana. ,mencari kualitas yang bagus dengan perhitungan yang cermat. Ini menajdi sebuah solusi untu k pemerintah daerah lain yang mungkin saja butuh pembangunan proyek.

Proyek lain ditempat yang berbeda pastinya juga menjadi pertimnbangan jika saja yang terjadi memang demikian. Ini memang harus ditiru untuk mendapatkan banyak solusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *