Pemerintah Kabupaten Klungkung Ngaturang Bakti Penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung

Pemkab Klungkung ngaturang bakti panganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang, Jawa Timur, Buda Kliwon Pahang. Serangkaian Pujawali krama di Pura setempat yang puncaknya dilaksanakan pada Rahina Purnama Sasih Kasa.

Rombongan Pemkab dipimpin Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Bakti panganyar digelar serangkaian Pujawali di pura setempat, puncaknya pada Rahina Purnama Sasih Kasa. Rangkaian bakti panganyar diawali ngaturang banten panganyar di Lapan Ayun Widhi/palinggih, diiringi pentas Tari Rejang Renteng dan Topeng Sidakarya. Bakti panganyar Pemkab Klungkung dipuput dua sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Karang Putra Keniten dari Griya Karang, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, dan Ida Pedanda Istri Rai Keniten dari Griya Anyar, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Panitia Pujawali, Wira Darma mengatakan terima kasih kepada Pemkab Klungkung yang sudah berpartisipasi menghaturkan bakti penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang. Menurut dia, Pujawali di pura ini dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan Rahina Purnama Sasih Kasa. Selama pujawali, pamedek (umat) yang tangkil selalu ramai. “Kami mewakili panitia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung,” ujar Wira Darma.

Disebutkan, untuk tahun ini, rangkaian Pujawali dimulai sejak Selasa dengan prosesi Melasti dilanjutkan dengan Mapapada Wawalungan keesokan harinya. “Ida Bhatara katuran mesineb Senin, 9 Juli mendatang,” sebutnya.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan bakti panganyar sebagai wujud srada bakti umat ke hadapan Ida Bhatara di pura setempat. Wabup berharap, melalui bakti panganyar ini senantiasa mendapat kerahayuan dan diberikan tuntunan dalam melanjutkan pembangunan, khususnya di Kabupaten Klungkung. “Semoga melalui bakti panganyar ini, kita mendapat tuntunan dalam melanjutkan pembangunan,” harapnya.

Wabup Kasta bersama rombongan juga bersembahyang di Pura Agung Blambangan, Jawa Timur. Sebagai dukungan terhadap swadarma kepamangkuan, Wabup Kasta menghaturkan punia lima buah genta kepada pamangku pura setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *