Celukan Bawang-Cilacap Menunggu Tol Laut

Wigyo selaku kepala KSOP II Cilacap menyatakan bahwa rencananya akan adanya tol laut di akhir bulan. Ini merupakan pernyataan yang hampir nyata. Dalam prosesnya ini menjadi sebuah ide yang kini baru terjadi di era Jokowi.

Sebelumnya sudah ada wacana bahwa Jokowi akan datang dan melihat sembari langsung menuju ke Purbalingga untuk menilik groundbreaking bandara disana. Untuk saat ini kapal yang akan dijadikan alat transportasi masih berada dalam perjalanan menuju ke Cilacap dari Surabaya.

Peluncuran ini nantinya akan mempermudah wilayah jangkuan dari CIlacap menuju ke Bali. Sepertinya Celukan bawang merupakan pelabuhan yang akan didatangi oleh kapal TOl Laut Cilacap.

Ini dimulai dari CIlacap, Kulonprogo, Pacitan, Trenggalek, Banyuwangi menuju Celukan Bawang. Wilayah Celukan Bawnag merupakan lokasi yang lama. Lokasi yang telah lama menjadi pelabuhan bongkar angkut muat barang.

Wilayah Celukan Bawang merupakan lokasi yang digunakan sebagai wilayah industri. Nantinya ini juga akan membantu untuk perindustrian. Pelabuhan Tanjung Intan menjadi lokasi perintis pelabuhan. Sebagai pangkalan tol laut. Dan ini juga akna membuat wilayah  Cilacap kembali naik daun dengan apa ynag telah ada.

Kapal TOl Laut tersebut akan membuat perlintasan selama 14 hari dari wilayah Cilacap menuju Celukan Bawang. Selain itu ini juga dapat membantu produk lokal untuk samppai ke tempat pemasaran. Ada banyak ekonomi yang akan terbantu dengan adanya ini. Ada perkembangan yang bagus dalam sisi eknomi.

Cilacap akan dijadikan sebagai kawasan Nasional Ekonomi di jawa. Tempat ini akan mengurangi kepadatan yang aka nada di Jawa. Dengan adanya tol laut ini menjadikan tempat jawa menjadi mudah

Menurut Wigyo, pelayaran perintis ini berasal dari keinginan 11 kabupaten yang ada di wilayah pesisir Laut Selatan, mulai Sukabumi Jawa Barat, Cilacap Jawa Tengah, dan Pacitan Jawa Timur yang ingin mengejar ketertinggalan pertumbuhan ekonomi.

TOl  Luat juga diproyeksikan akan masuk ke Belu. Ini akan masuk di bulan Mei atau Juni mendatang. Sebenarnya ini akan diresmikan oleh Jokowi. Namun belum bisa dipastikan. Yang jelas tol laut akan memasuki wilayah Belu. Tol laut akan mengurangi pembiayaan kapal kargo.

Membuat kapal laut dengan tol laut berate bisa meningkatkan perekonomian nasional. Ini akan menjadi sebuah solusi yang bisa dilakukan oleh presiden guna mengurangi kepadatan Jawa dan membuat lokasi lain padat ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *